4 Cara Masuk Safe Mode Windows 10 Lewat CMD, Startup, dll

Saat laptop atau PC Windows kamu mengalami masalah, biasanya jalan keluarnya bisa dilakukan lewat menu Safe Mode. Tapi sayangnya tidak banyak yang tahu cara masuk Safe Mode Windows 10. Padahal kamu bisa mengatasi banyak masalah pada Windows 10 dengan menu ini.

Oleh sebab itu mulai sekarang kamu harus tahu bagaimana cara agar bisa masuk ke dalam menu Safe Mode ini. Terutama jika menggunakan Windows 10 yang sering sekali menerima pembaruan.

Cara Masuk Safe Mode Windows 10                

Safe Mode menjadi salah satu pilihan ketika laptop kamu mengalami masalah yang tidak biasa. Masalah itu bisa seperti kinerja hardware yang tidak normal, software yang error karena virus dan lain-lain.

Karena pada dasarnya ketika ada masalah, itu juga selalu ada keterkaitannya dengan sistem. Untuk hardware bisa ada hubungannya dengan driver. Ketika kamu masuk ke dalam menu Safe Mode, maka laptop akan dijalankan secara normal seperti sebelum mengalami masalah.

Namun memang tampilan yang akan kamu lihat akan lebih sederhana dan kuno. Tapi untuk kinerjanya tanpa ada masalah. Dengan cara inilah semua permasalahan yang berkaitan dengan sistem bisa di atas. Sebab kamu akan mengoperasikan Windows seperti biasa dalam Safe Mode.

Kalau ingin masuk ke dalam Safe Mode, kamu bisa menggunakan beberapa cara di bawah ini:

1. Menu System Configuration

Cara masuk Safe Mode Windows 10 yang pertama adalah melalui menu System Configuration. Cara ini merupakan langkah normal jika kamu ingin masuk ke dalam Safe Mode. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah tersebut:

  • Pertama bisa membuka menu Start atau bisa dengan menekan tombol keyboard Windows.
  • Berikutnya pada menu Start, ketik tulisan berupa “System Configuration” dan tap Enter serta pilih menu paling atas.
  • Alternatif lainnya bisa dengan menggunakan kombinasi tombol “Windows” + huruf “R”. Lalu pada kolom kotak dialog yang muncul, ketik dengan “msconfig” dan klik tombol “OK” atau bisa menekan Enter.
Alternatif lainnya bisa dengan menggunakan kombinasi tombol Windows huruf R Lalu pada kolom kotak dialog yang muncul, ketik dengan msconfig
  • Nah kalau sudah muncul kotak lagi yang banyak pilihannya, klik saja pada tab yang ada tulisannya “Boot”.
  • Lalu pada deretan menu di bawahnya, pilih dan berikan tanda centang tulisan “Safe Boot”.
Lalu pada deretan menu di bawahnya, pilih dan berikan tanda centang tulisan Safe Boot
  • Setelah itu pilih salah satu dari empat pilihan menu antara “Minimal”, “Alternate Shell”, “Active Directory Repair” atau “Network”. Akan ada penjelasannya di akhir cara ini.
  • Kalau sudah, kamu bisa mulai menekan tombol “Apply” dan kemudian “OK”.
  • Berikutnya Windows akan memunculkan sebuah kotak konfirmasi apakah akan melakukan restart pada saat itu juga atau tidak. Kalau pilih restart, maka kamu bisa langsung ke Safe Mode.
  • Jika kebutuhan kamu di menu Safe Mode sudah cukup, bisa menghilangkan lagi tanda centang yang ditambahkan tadi.

Perlu kamu tahu, pilihan minimal merupakan Safe Mode yang mengoperasikan drivers dan service yang penting dan dibutuhkan saja dengan Windows GUI. Lalu Alternate Shell merupakan Safe Mode perintah CMD tanpa memanfaatkan Windows GUI.

Jika kamu pilih ini, paling tidak harus memahami ilmu perintah atau coding pada Command text. Berikutnya Active Directory lebih memberikan akses secara bebas pada semua bagian hardware di laptop. 

Banyak yang menggunakan pilihan ini untuk mengatasi error pada hardware. Terakhir Network, yaitu Safe Mode dengan Windows GUI dan hanya mengoperasikan drivers bersama services yang ada kaitannya dengan akses jaringan.

2. Lewat Advanced Startup

Selain lewat cara di atas, kamu masih bisa memilih cara yang tidak membuat bingung yaitu lewat Advanced Startup. Menu ini bisa ditemukan di pengaturan laptop dengan sangat mudah dan cepat. Berikut ini caranya:

  • Pertama bisa menekan keyboard “Windows” atau klik pada menu Start pojok bawah kiri.
  • Setelah itu pilih saja menu “Setting” atau bisa mengetik langsung setting dan pilih hasil pencarian paling atas.
  • Di dalam menu pengaturan laptop atau Setting tersebut, kamu bisa pilih dan klik tulisan “Update & Security”.
  • Jika sudah di klik berikutnya bisa lagi memilih dan klik tombol bertuliskan “Recovery”.
Jika sudah di klik berikutnya bisa lagi memilih dan klik tombol bertuliskan Recovery
  • Selanjutnya perhatikan menu yang ada di sisi kanan layar, tepatnya pada tulisan “Advanced Startup”. Pilih dan klik pada tulisan “Restart Now” yang ada di bawah tulisan Advanced Startup.
  • Langkah berikutnya otomatis kamu akan masuk ke dalam menu “Recovery Mode”. Pada tiga pilihan yang tersedia, bisa klik pada opsi “Troubleshoot”.
  • Kalau sudah, bisa memilih dan klik tulisan “Advanced Option”.
  • Pada halaman berikutnya yang muncul klik tulisan “Startup Settings”.
Pada halaman berikutnya yang muncul klik tulisan Startup Settings
  • Windows akan memberikan pesan kalau laptop akan di restart dan ada perubahan beberapa pengaturan laptop. Berikan izin masuk ke “Safe Mode” dan bisa klik lagi tombol “Restart”. Laptop akan menjalani proses restart.
  • Nah kalau sudah selesai, maka masuk ke “Startup Setting” dan bisa masuk ke Safe Mode. Jika ingin membuka menu Safe Mode normal bisa menekan keyboard F4.

3. Lewat Tombol Shift dan Restart

Jika kamu amati pada tahapnya, untuk cara ini sebenarnya alternatif lain agar bisa masuk ke Advanced Option. Jadi kamu tidak perlu melewati beberapa menu yang cukup panjang prosesnya. 

Tinggal menekan beberapa tombol dan bisa masuk ke Advanced Option. Berikut caranya:

  • Klik saja pada tombol Start di laptop atau lewat tombol Windows keyboard.
  • Berikutnya pilih tulisan “Power”.
  • Nah pada langkah ini, tekan dan tahan tombol “Shift” yang ada di keyboard sambil mouse mengeklik pilihan “Restart” di laptop. Pastikan tidak melepasnya sampai bisa masuk ke “Recovery Mode”.
  • Selanjutnya kamu akan masuk ke “Recovery Mode” dan bisa mencari pilihan “Troubleshoot”.
Selanjutnya kamu akan masuk ke “Recovery Mode” dan bisa mencari pilihan “Troubleshoot”.
  • Lalu pada menu berikutnya, cari dan klik “Advanced Option”.
  • Kemudian klik “Startup Setting” dan bisa memilih tombol “Restart”.
  • Terakhir bisa memilih dari beberapa pilihan Safe Mode yang tersedia. Sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu.

4. Lewat Tombol F8 dan CMD

Cara masuk Safe Mode Windows 10 berikutnya yaitu bisa lewat menekan tombol F8 di keyboard. Cara ini juga sangat umum sekali digunakan oleh banyak orang. Karena banyak yang menganggap cara ini sangat mudah dan cepat serta tidak akan khawatir salah langkah.

Tapi sayangnya, Windows 10 sendiri tidak menyediakan opsi Safe Mode F8 seperti pada Windows 7. Namun ada sebuah cara rahasia yang bisa kamu lakukan. Berikut caranya:

  • Pertama masuk ke “Start”.
  • Lalu carilah menu “CMD” dan buka dengan melalui administrator.
  • Kalau CMD sudah terbuka normal, bisa mengetik pada kolom yang tersedia dengan tulisan “bcdedit /set {default} bootmenupolicy legacy” tanpa tanda petik dua dan tap Enter, tunggu proses selesai sebelum menutup CMD.
Kalau CMD sudah terbuka normal, bisa mengetik pada kolom yang tersedia dengan tulisan bcdedit set default bootmenupolicy legacy
  • Cobalah restart laptop kamu dan biasanya kalau berhasil akan muncul menu F8 saat booting berjalan. Kamu bisa menekan F8 beberapa kali saat booting berlangsung untuk masuk Safe Mode.
  • Lalu jika mau mengembalikan pengaturannya, bisa mengetik “bcedit /set {default} bootmenupolicy standard” tanpa petik dan Enter. Setelah itu menu F8 saat booting sudah tidak ada lagi.

Pilih saja di antara cara masuk Safe Mode Windows 10 di atas yang paling mudah dan cepat. Sehingga bisa digunakan ketika dalam kondisi terdesak kalau laptop mengalami masalah terkait sistem dan hardware.