6 Cara Memindahkan File dari Handphone ke Laptop (Android dan iOS)

Cara memindahkan file dari handphone ke laptop yang cepat, gampang, dan efektif sangatlah penting. Apalagi kalau smartphone kamu sudah kehabisan penyimpanan padahal kamu masih mau foto-foto atau download film dari device serba bisa itu.

Untung ada banyak cara yang bisa kamu pakai untuk memindahkan file yang memenuhi handphone kamu ke laptop sehingga penyimpanan handphone bisa menerima semua file baru yang kamu butuhkan. Gimana cara memindahkan file-file kesayangan kamu ke laptop?

Memindahkan File dari Smartphone Android ke Laptop

Perlakuan pemindahan file dari smartphone android dan smartphone Apple nggak sama. Khusus buat kamu para pengguna smartphone android, ada beberapa cara untuk memindahkan file dengan mudah dan cepat ke laptop atau pc kamu.

1. Memindahkan file menggunakan kabel USB

Ini adalah cara paling dasar dan simple yang perlu kamu coba pertama kali, hanya bermodalkan kabel USB bawaan dari penyedia smartphone android yang kamu pakai sekarang. Ini di acara-caranya:

  • Gunakan kabel USB kamu untuk menyambungkan smartphone android ke laptop.
Gunakan kabel USB kamu untuk menyambungkan smartphone android ke laptop.
  • Setelah smartphone android dan laptop tersambung, akan muncul pemberitahuan di layar smartphone kamu dan menanyakan metode apa yang kamu inginkan. Pilih metode file transfer. Beberapa smartphone mungkin menampilkan kata-kata lain yang intinya sama.
  • Setelah menyediakan akses ke smartphone, file explorer di laptop akan langsung terbuka dan menampilkan data-data yang ada di smartphone kamu. Pilih data atau file yang mau kamu pindahkan ke laptop.
  • Copy file-file tersebut lalu paste ke dalam folder tertentu di laptop untuk memindahkan file-file tersebut. Kamu juga bisa melakukan cara drag and drop ke folder di laptop untuk proses pemindahan file yang lebih cepat.
Copy file-file tersebut lalu paste ke dalam folder tertentu

2. Memindah file melalui fitur Bluetooth

Cara memindahkan file dari handphone ke laptop yang paling klasik sebelum adalah menggunakan fitur Bluetooth yang ada di kedua device, baik smartphone android maupun laptop. Pastikan Bluetooth di kedua perangkat sudah menyala untuk bisa memindahkan file.

  • Buka file manager di smartphone android kamu. Lalu pilih file yang mau kamu kirim ke laptop.
  • Tekan tombol share atau bagikan, posisi tombol kirim atau share ini beda-beda di setiap merk smartphone. Lalu pilih send via Bluetooth atau kirim melalui Bluetooth.
  • Akan muncul perangkat Bluetooth lain yang tersedia. Pilih Bluetooth yang dimiliki oleh laptop kamu. Kalau Bluetooth laptop belum terdeteksi kamu bisa scan dulu di smartphone sehingga laptop tujuan bisa ditemukan.
Akan muncul perangkat Bluetooth lain yang tersedia
  • Kemudian lakukan pairing agar kedua perangkat Bluetooth itu bisa tersambung dan saling berkirim file.
  • Kalau proses pairing sudah selesai, file yang tadi kamu pilih sudah bisa langsung dikirim ke laptop melalui Bluetooth.

3. Memindah file menggunakan ShareIt

Aplikasi ShareIt lebih praktis daripada Bluetooth karena mampu mengirim file dengan kecepatan yang lebih tinggi daripada Bluetooth. App ini sangat cocok kalau kamu perlu mengirimkan file berukuran besar dalam waktu yang singkat.

  • Download dan install aplikasi ShareIt di smartphone android dan di laptop kamu.
  • Jalankan aplikasi ShareIt di kedua perangkat lalu hubungkan kedua perangkat.
Jalankan aplikasi ShareIt di kedua perangkat lalu hubungkan kedua perangkat.
  • Setelah kedua perangkat tersambung, kamu bisa mulai mengirimkan file dari smartphone ke laptop. Pastikan kamu mengklik tombol terima atau receive di aplikasi ShareIt di laptop kamu.

Cara Memindahkan File dari Handphone ke Laptop untuk Pengguna iPhone

Pengguna smartphone buatan Apple nggak bisa sembarangan menggunakan kabel USB atau fitur Bluetooth untuk memindahkan file dari smartphone mereka ke komputer Windows. Tapi ada cara lain yang bisa dipakai untuk memindahkan data dari iPhone ke komputer Windows.

1. Memindahkan data menggunakan iCloud

iCloud adalah penyimpanan awan yang didapatkan gratis oleh pengguna iPhone. iCloud bisa menyimpan data hingga 5GB secara gratis. Kamu bisa mengakses iCloud di komputer Windows dan memindahkan data dari iCloud ke laptop kamu, dengan cara:

  • Mengupdate iOS di smartphone kamu ke versi paling baru terlebih dulu.
  • Aktifkan fitur iCloud yang ada di smartphone bersistem operasi iOS.
  • Download software iCloud khusus untuk Windows dan pasang app itu di laptop Windows kamu.
  • Buka iCloud yang ada di laptop lalu masukkan ID Apple yang kamu pakai untuk login iCloud di iPhone kamu.
  • File yang muncul di iCloud laptop Windows kamu udah bisa dipindahkan dari penyimpanan awan ke laptop.
File yang muncul di iCloud laptop Windows kamu udah bisa dipindahkan dari penyimpanan awan ke laptop.
  • Sekarang kamu bisa menghapus file-file dari iCloud di smartphone iOS dan mengisinya dengan file-file baru.

2. Memindahkan data dari iPhone dengan menggunakan iTunes

iTunes juga adalah aplikasi khusus yang dirancang oleh Apple dan hanya ada di device dengan sistem operasi iOS. Tapi kamu bisa download iTunes untuk komputer Windows sehingga smartphone Apple kamu bisa terhubung ke laptop Windows kamu.

  • Download dan pasang aplikasi iTunes di laptop Windows kamu. Jalankan aplikasinya.
  • Sambungkan smartphone Apple kamu ke laptop menggunakan kabel bawaan dari Apple. Tunggu sampai muncul pemberitahuan bahwa iPhone kamu udah tersambung ke iTunes yang ada di laptop Windows.
  • Di jendela iTunes, ada pilihan File Sharing yang posisinya di sidebar, sebelah kiri jendela iTunes. Buka pilihan File Sharing.
Di jendela iTunes, ada pilihan File Sharing yang posisinya di sidebar, sebelah kiri jendela iTunes. Buka pilihan File Sharing.
  • Sekarang kamu bebas memindahkan file apapun yang kamu mau dari iPhone kamu ke laptop Windows dan mengosongkan penyimpanan untuk diisi berbagai foto baru.

3. Memindahkan data dengan memanfaatkan aplikasi chatting

Sebenarnya ada cara memindahkan file dari handphone ke laptop yang lebih simple dan gampang dari dua cara sebelumnya. Cara ini juga bisa kamu terapkan ke smartphone android. Caranya adalah dengan memanfaatkan WhatsApp, Line, atau Telegram.

  • Pastikan kamu punya salah satu aplikasi itu di smartphone iOS atau android kamu. Lalu pasang aplikasi yang sama tapi versi desktopnya ke laptop kamu. Misalnya kalau kamu menggunakan Telegram di smartphone, pasang aplikasi Telegram Desktop di laptop Windows.
  • Kamu bisa menggunakan akun yang sama untuk aplikasi versi desktop dan aplikasi chatting untuk smartphone. Atau kamu bisa menggunakan nomor yang berbeda, sehingga kamu bisa mengirim file ke nomor yang lain, yang digunakan untuk versi desktopnya.
  • Upload file yang mau kamu pindahkan ke aplikasi chatting di smartphone. File itu akan otomatis ada di aplikasi chatting yang ada di laptop Windows kamu.
Upload file yang mau kamu pindahkan
  • Simpan file yang kamu terima di aplikasi chatting versi desktop. Setelah semua file tersimpan di laptop, kamu bisa menghapus file yang ada di smartphone dan menggunakan penyimpanannya untuk file-file baru.

Semua cara memindahkan file dari handphone ke laptop adalah yang paling gampang dan praktis untuk kamu coba. Cara lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan memanfaatkan aplikasi cloud semacam iCloud, misalnya Dropbox atau Google Drive.

Coba dulu cara-cara diatas sebelum kamu mencoba menggunakan cara lain yang lebih rumit. Kalau semua cara di atas udah kamu coba dan masih kurang puas juga, barulah kamu bisa mencoba mengirim file dengan menggunakan aplikasi berbasis cloud.