15+ Cara Mengatasi Handphone Lemot

Cara Mengatasi Handphone Lemot – Ponsel adalah kebutuhan semua orang. Tapi sayangnya, teknologi ini memiliki ‘usia’ yang konon katanya semakin lama maka akan semakin lambat kinerjanya. Sehingga tidak heran akan banyak orang yang bertanya-tanya kenapa handphonenya lama.

Dan karena itu pula banyak yang mencari cara mengatasi handphone lemot. Kami juga akan berusaha untuk memberikan beberapa solusi untuk mengatasi masalah ini. Berikut beberapa penyelesaiannya yang kami kutip dari berbagai sumber.

Penyebab HP Lemot dan Cara Mengatasi Handphone Lemot

Sebelum kita mencari pemecahan masalah dan cara mengatasi handphne lemot, ada baiknya kita mencari penyebab HP Android Lemot itu sendiri. Karena dengan mencari penyebabnya, akan lebih mudah bagi kita untuk mengatasinya.

Beriku penyebab hp lemot yang harus Anda pelajari:

1. Kapasitas Penyimpanan

Kebanyakan orang tidak peduli dengan ruang penyimpanan dan langsung menginstal banyak aplikasi di ponsel mereka.  Aplikasi yang menumpuk dan jarang digunakan menghabiskan ruang penyimpanan.  Membiarkannya dalam waktu lama dapat memperlambat ponsel Android Anda.

 Jadi pilih saja aplikasi yang benar-benar Anda butuhkan, oke?

2. Terlalu Banyak Data di Memori Internal

Kecepatan memori internal  menurun karena lebih banyak data disimpan.  Data ini bisa berupa aplikasi, foto, video, atau file lain yang sudah bertahun-tahun tidak Anda hapus.  Ini sangat mempengaruhi kerja dan kecepatan telepon Anda.

3. Baterai yang Menurun

Baterai berkualitas buruk juga dapat memengaruhi kinerja ponsel Android.  Oleh karena itu, penting juga untuk menjaga masa pakai baterai dengan tidak mengisi daya terlalu lama.

4. RAM & Memori Flash Storage Degradasi

RAM dan memori flash  juga bisa berfungsi sebagai baterai.  Penyebabnya bisa karena  aktivitas menulis dan menghapus data yang justru menurunkan kinerjanya.  Bahkan, potensi HP lemot menjadi semakin besar.

5. Update Sistem Operasi Tidak Sesuai

Menjalankan pembaruan sistem operasi  penting karena dapat memengaruhi peningkatan kinerja.  Namun, ada juga pembaruan sistem operasi yang menggunakan ruang terpisah di memori internal.  Ini adalah sesuatu yang harus Anda pertimbangkan.  Karena memori dan RAM yang tidak mencukupi akan memperlambat HP  jika terpaksa melanjutkan upgrade.  Jika Anda ingin terus mendapatkan pembaruan terkini dan ponsel Anda tidak mendukungnya, mungkin sudah waktunya untuk mengganti ponsel Anda.

Cara Agar HP RAM 2GB Tidak Lemot

Ada beberapa cara mengatasi handphone lemot yang bisa Anda lakukan. Cara ini sudah teruji pada banyak orang. Hanya saja, semua tergantung dari usia ponsel Anda itu sendiri.

1. Cara Mengatasi Handphone Lemot : Perhatikan Jumlah Memori

Cara Mengatasi Handphone Lemot

Setiap smartphone hadir dengan spesifikasi memori yang berbeda. Selain RAM, kapasitas memori internal juga mempengaruhi kinerja smartphone. Ketika hanya ada sedikit memori internal yang tersedia, Android menjadi lambat.  Jadi untuk menghindari Android lambat, hindari menyimpan terlalu banyak data untuk mengisi memori internal.

2. Cara Mengatasi Handphone Lemot : Gunakan Aplikasi Serbaguna

Daripada menginstal banyak aplikasi yang sebenarnya mengisi memori internal, lebih baik menginstal satu aplikasi tetapi memiliki banyak fungsi. Jika Android Anda sudah di root, salah satu aplikasi multifungsi yang disukai Jaka adalah Apps2SD. Karena dalam satu aplikasi, Anda bisa mendapatkan banyak fungsi, seperti partisi, kartu SD, aplikasi cadangan, tautan aplikasi ke kartu memori, dll. Jika Anda tidak di-root, Anda bisa mendapatkan banyak fungsi serupa di aplikasi Clean Master.

3. Cara Mengatasi Handphone Lemot : Gunakan Satu Aplikasi Antivirus Saja

Cara Mengatasi Handphone Lemot

Jika Anda adalah pengguna yang percaya pada fungsi antivirus di smartphone Android, Anda harus memperhatikan ini: hampir seperti aplikasi sistem default, aplikasi antivirus terus berjalan di latar belakang.  Akibatnya, RAM Anda menjadi boros dan kinerja Android menjadi lambat.Dapatkah Anda bayangkan jika Anda menginstal lebih dari satu aplikasi antivirus di Android Anda, bukan?

4. Cara Mengatasi Handphone Lemot : Auto Kill

Kamu yang sering multitasking di Android pasti sudah terbiasa menemukan banyak aplikasi  aktif di recent apps.  Dampak tambahan ketika banyak aplikasi  berjalan di aplikasi terbaru adalah RAM berkurang dan Android melambat.  Untuk menghindari hal ini, coba  gunakan fungsi Auto Kill. Fitur ini akan menghentikan aplikasi agar tidak  berjalan di latar belakang, sehingga Android Anda tidak akan melambat.

5. Cara Mengatasi Handphone Lemot : Gunakan Aplikasi Berbayar

Cara Mengatasi Handphone Lemot

Menggunakan aplikasi gratis tidak masalah. Selain tidak harus mengeluarkan uang, kita dapat mencoba fitur fantastis dari beberapa aplikasi. Tapi tahukah Anda bahwa menginstal aplikasi gratis seperti siap menjadi kelinci percobaan?  Karena dengan menyediakan aplikasi gratis, pengembang akan mendapatkan banyak ulasan untuk mengetahui bug apa  yang terjadi di aplikasi mereka.

Selain sebagai kelinci percobaan, menggunakan aplikasi gratis juga dapat memperlambat Android  karena banyaknya iklan yang tersemat di dalamnya.

6. Cara Mengatasi Handphone Lemot : Selalu Update Software

Cara Mengatasi Handphone Lemot :

Cara mengatasi hp lemot tanpa root dengan cara update software secara berkala. Jika ada pemberitahuan pembaruan perangkat lunak, segera perbarui, itu akan menyelesaikan masalah yang mungkin ditimbulkan oleh sistem sebelumnya. Karena update tentunya bertujuan untuk memberikan pengalaman yang lebih baik dari sebelumnya. Meskipun terkadang Anda mungkin mengalami  masalah yang semakin parah setelah pembaruan, pengembang pasti tidak akan berdiam diri dan segera memperbaiki masalah tersebut. Selalu luangkan waktu untuk memeriksa pembaruan sistem di menu Pengaturan, lalu pilih Periksa pembaruan, ya.

Ini juga berlaku untuk aplikasi yang Anda gunakan. Saat Anda menerima pemberitahuan pembaruan aplikasi di Google Play Store, luangkan waktu untuk segera memperbaruinya. Temukan aplikasi yang perlu diperbarui di tab Aplikasi & Game Saya di Google Playstore.

7. Kurangi Penggunaan Widget

Salah satu hal yang membuat Android  menarik adalah kehadiran widget.  Tidak hanya mempercantik tampilan home screen Android, namun widget juga berguna sebagai shortcut untuk memantau berbagai aplikasi tanpa harus membuka aplikasi yang bersangkutan.  Meskipun membuat Android Anda terlihat bagus dan mempercepat akses  aplikasi, itu juga akan menghabiskan lebih banyak RAM yang akan memperlambat Android Anda. 

Oleh karena itu, cara mengatasi handphone lemot adalah dengan kurangi penggunaan Widget agar HP Android kamu tidak lemot,  geng.

8. Hapus atau Hentikan Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Sebenarnya banyak aplikasi baru di Google Playstore yang berhasil menarik untuk dicoba, tanpa disadari banyak aplikasi yang hanya menarik pada awalnya atau bahkan ternyata memiliki fungsi yang sama dengan aplikasi yang sudah kita install sebelumnya.  Tiba-tiba, ruang penyimpanan  Android Anda digunakan oleh aplikasi yang  tidak terlalu berguna.  Jadi agar Android Anda tetap berjalan cepat, hapus aplikasi yang tidak digunakan atau memiliki fungsi yang sama.

Terkadang, pada kenyataannya, beberapa aplikasi tidak dapat dihapus karena merupakan aplikasi default sistem. Dan fakta bahwa terkadang aplikasi default sistem  berjalan bahkan saat tidak dibutuhkan, sehingga menghabiskan RAM dan memperlambat Android Anda. Untuk menghentikannya, nonaktifkan aplikasi ini. , dengan  masuk ke Pengaturan Aplikasi, lalu di tab Runtime, pilih aplikasi yang tidak Anda perlukan dan pilih Nonaktifkan.

Itulah salah satu cara mengatasi handphone lemot.

9. Kurangi atau Matikan Animasi di Android Kamu

Animasi adalah salah satu pencuri RAM di perangkat Android. Nah, cara tercepat untuk mengatasi Android yang lemot  adalah dengan menonaktifkan animasi di menu Settings > Developer Options.  Selanjutnya, ubah nilai Windows Animation Scale, Transition Animation Scale, dan Animator Duration Scale ke nilai yang lebih kecil atau matikan sepenuhnya.

10. Cara Mengatasi Handphone Lemot : Bersihkan Cache Data

Cache adalah tempat untuk menyimpan sementara data  dari aplikasi yang sedang atau pernah Anda gunakan.  Dengan caching di Android, Anda akan dengan cepat membuka aplikasi yang telah Anda gunakan sebelumnya, namun, di balik manfaat tersebut, cache yang mungkin menumpuk akan membuat Android Anda lambat.

Cara mengatasi Android lambat karena cache menumpuk  adalah dengan selalu membersihkan cache dari setiap aplikasi yang sering Anda gunakan.  Untuk melakukannya, buka Pengaturan Aplikasi Semua, lalu temukan aplikasi yang ingin Anda tembolok dan pilih Hapus tembolok.  Atau, Anda juga dapat menghapus cache di Android secara bersamaan melalui menu Pengaturan Penyimpanan data cache dan pilih OK saat jendela pop-up muncul.

11. Bersihkan Cache Partition

Tidak seperti cache data aplikasi, partisi cache  berguna untuk menyimpan proses yang dijalankan oleh sistem sehingga android Anda akan dipercepat sehingga dapat digunakan segera  setelah perangkat dimatikan atau dihidupkan ulang.  Namun, seiring waktu, partisi cache  akan terus menumpuk di latar belakang dan memperlambat kinerja Android Anda.  Agar Android Anda tetap berjalan cepat, Anda dapat menghapus partisi cache  sebulan sekali dengan masuk ke mode pemulihan lalu memilih wipe cache partition.

12. Matikan Auto-Sync

Untuk tetap terhubung dengan semua akun yang terpasang di Android, fitur AutoSync harus kamu aktifkan.  Namun hal ini berdampak besar pada kinerja Android kamu.Maka mematikan AutoSync sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah HP Android kamu yang lemot.

13. Gunakan   peluncur lain

Salah satu manfaat dari Android yang membuatnya banyak digunakan adalah kemudahan kustomisasi – jika Anda bosan dengan tampilan perangkat OEM Android, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi startup.

14. Reset ke Pengaturan Pabrik

Anda dapat melakukan reset pabrik melalui menu pengaturan Cadangan dan mengembalikan reset  data pabrik. 

15. Cara Mengatasi Handphone Lemot : Menggunakan Custom ROM  

Selain menggunakan launcher, salah satu bentuk kustomisasi Android yang bisa Anda lakukan adalah  menggunakan custom ROM.  Dengan menggunakan ROM khusus, Anda dapat menikmati ROM lain dengan kinerja yang  ditingkatkan dan mencoba sistem operasi terbaru yang mungkin tidak tersedia untuk perangkat Android Anda.

Selain beberapa cara di atas, kamu juga bisa menggunakan aplikasi agar HP tidak lemot, diantaranya adalah:

  • Smart Booster
  • Clean Master
  • Greenify
  • SD Maid
  • DU Speed Booster
  • Files Go

Itulah beberapa cara mengatasi handphone lemot. Semoga bermanfaat.