3 Cara Mengecek Touchscreen Samsung

Cara Mengecek Touchscreen Samsung-Samsung merupakan salah satu brand smartphone populer di Indonesia. Semua produk brand ini hampir digunakan oleh semua kalangan. Dan dari banyaknya produk Samsung, ponsel pintar menjadi salah satu yang paling banyak dimiliki.

Artikel ini tidak akan membahas atau merivew smartphone dari Samsung namun lebih kepada layanan yang ada di dalamnya. Layanan tersebut berupa cara mengecek touchscreen Samsung. Hal ini sangat penting untuk dilakukan guna melihat apakah LCD Anda masih normal atau tidak.

Cara Mengecek Touchscreen Samsung

Cara ini juga sangat penting ketika Anda akan membeli HP Samsung, terutama HP bekas. Anda perlu melakukan pengecekan pada touchscreen untuk mengetahui fungsinya. Inilah cara mengecek touchscreen di HP Samsung yang bisa Anda ikuti:

Menggunakan Kode Rahasia

Samsung merupakan perusahaan ternama sehingga menghadirkan banyak kemudahan untuk pelanggan setianya. Salah satu kemudahan yang dihadirkan yaitu ketika mengecek komponen HP, termasuk touchscreen. Samsung menghadirkan kode rahasia agar Anda bisa mengakses menu untuk cek komponen HP.

Caranya yaitu dengan mengakses dial pad yang disediakan yaitu antara *#0*#* atau #*#0*#*#*. Masuk ke menu Panggilan dan cobalah salah satu di antara dial pad tersebut. Jika berhasil maka Anda akan masuk ke menu test touchscreen.

Apabila sudah berada di menu test layar atau touchscreen, Anda bisa melakukan beberapa percobaan atau pengujian. Contohnya yaitu melakukan tes pixel, warna, sensitifitas layar, dan lain sebagainya. Dibandingkan cara lainnya, cara ini paling mudah dan cukup akurat untuk mengetahui kerusakan pada touchscreen.

Menggunakan Aplikasi Tes Layar

Tidak semua HP Samsung memiliki fitur kode rahasia di atas. Banyak HP keluaran lama yang tidak bisa menggunakannya. Apabila HP Anda adalah salah satu yang tidak bisa menggunakannya maka Anda bisa menggunakan aplikasi tes layar. Cukup banyak aplikasi tes layar yang bisa Anda gunakan, salah satunya yaitu Touch Screen Test yang bisa di-download di Google Play Store.

Setelah Anda unduh seperti biasa, selanjutnya Anda bisa menggunakannya untuk mengecek touchscreen Samsung. Cara mengecek touchscreen Samsung dengan aplikasi ini sangat mudah yaitu dengan masuk ke aplikasi. Nanti akan ada beberapa metode cek layar yang bisa dipilih seperti tes akurasi warna, pixel, pila, dan lain sebagainya.

Kelebihan Touch Screen Test dibandingkan aplikasi lainnya yaitu memiliki ukuran yang lebih kecil sehingga bisa digunakan oleh HP Samsung spesifikasi rendah. Selain itu, fiturnya juga sangat lengkap sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika ingin mencoba aplikasi tes layar lainnya, juga masih banyak yang ada di Play Store. Pilihlah aplikasi sesuai dengan keinginan Anda karena pada dasarnya cara menggunakannya sama saja.

Cek Fisik

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah mengecek secara fisik. Sebaiknya pengecekan secara fisik ini dilakukan setelah kedua cara di atas dilakukan. Jadi bukan hanya segi layar saja yang berfungsi, bagian fisiknya juga harus baik. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda lakukan:

  • Pastikan tepi layar tidak terangkat atau menganga.
  • Pastikan tidak ada bekas jatuh atau retak baik itu kecil ataupun besar.
  • Lepas pelindung layar untuk mengetahui kondisi LCD. Pasalnya jika pelindung layar masih terpasang, sulit memastikan kondisinya. Anda tidak tau yang retak pelindung atau layarnya.
  • Pastikan layar lurus, tidak terangkat, dan berembun.
  • Perhatikan sisi-sisi layar jangan sampai ada retakan atau apapun.
  • Pastikan tidak ada retakan sama sekali di sisi manapun meskipun kecil.
  • Pastikan tidak ada garis di layar karena garis kecil bisa saja menjadi besar.

Itulah cara mengecek touchscreen Samsung yang bisa Anda lakukan. Sangat mudah bukan? Manfaatkan cara di atas agar Anda tidak dirugikan karena layar yang rusak. Jika HP Anda yang rusak, maka segera bawa ke tukang service.